Terkait Tragedi KM Sinar Bangun Danau Toba, Forum Senior GMKI FH USU Prihatin Dan Turut Berduka – TVPOLRI News

posted in: Blog, Daerah | 0

TVPOLRINews.com | Medan – Sebagai  organisasi pergerakan  dengan latar belakang intelektual yang tinggi dan sudah punya reputasi di negara dengan sumbangan pemikiran yang multi bernas, Forum Senior GMKI Fakultas HUkum USU sangat berprihatin  dan berduka sedalam-dalamnya atas apa yang terjadi di danau Toba sebagai sebuah tragedi yang sangat disayangkan.

Hal itu dikatakan Ketua Forum Senior GMKI FH USU Delphi Masdiana Ujung SH, M.Si didampingi oleh sekretaris Jeffry Sihotang di Medan, Kamis, (21/06/2017) kepada  berbagai media dalam siaran rilis persnya. Kita tidak menginginkan ini terjadi, tegas Masdiana Ujung yang juga anggota DPRD Dairi dan tokoh wanita tangguh di Kabupaten Dairi ini.

Delphi Masdiana di damping oleh sekretaris dan atas nama penasehat seperti Yasonna H Laoly, SH, M.Sc, PhD yang Juga Menkumham RI, Dr. Januari Siraegar, SH, MH, Muchtar Pakpahan, Abadi Hutagalung, Nelson Parapat SH, Milton Hasibuan. Kemudian para senior yang lain seperti Pana Akbar Simatupang SH, S.Pn, Aldentua Siringoringo, Bernard Nainggolan, Sermida Silaban, Thomas Abbon, Tulus Siambaton, Freddy Manurung, Almaden Lubis, dan Mathias Situmorang mengatakan pernyataan sikap dengan jelas yakni:

  1. Turut prihatin dan berduka sedalam-dalamnya serta berdoa bagi keluarga yg ditinggalkan,
  2. Kiranya yang belum ditemukan segera ditemukan,
  3. Seluruh stakeholders yg menjadi leading setor, termasuk Pemerintah dan Pengusaha supaya ke depan lebih memberikan perhatian dan tanggungjawab penuh terhadap hal-hal seperti ini, sehingga ke depan tidak terjadi kejadian berulang,
  4. Diharapkan dan dihimbau agar masyarakat juga tidak asal naik kapal tanpa melihat situasi dan kondisi kapal yang dinaiki, jangan pernah mengabaikan keamanan.

Delphi Masdiana ujung mengatakan lagi betapa besar biaya social yang harus kita tanggung saat Pemerintah Provinsi Sumut sedang menggiatkan pembangunan danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia. Kita harapkan agar pemerintah melakukan evaluasi menyeluruh atas kejadian ini, karena kejadian ini adalah masalah nasional dan sudah jadi viral, bahkan dunia pun mengetahuinya. Ini adalah sebuah pelajaran sekaligus tamparan bagi kita betapa kita seringkali lalai dan abadi terhadap keselamatan, tegas Delphi Masdiana Ujung lagi.

Sementara tokoh senior GMKI FH USU Nelson Parapat mengatakan dengan tegas dan jelas Saat ini kita sedang melakukan sebuah mega proyek menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia dan sangat gencar mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu wisata alam dan wisata budaya. Apa yang kita lakukan dengan adanya tragedi ini bisa saja sangat percuma karena kejadian yang tidak kita inginkan ini.

Nelson lagi menegaskan apa jadinya jika kondisi ini sudah jadi viral global dan dunia tahu bahwa system transportasi kita di danau Toba sangat tidak layak, bahkan sangat buruk. Bahkan Nelson kembali menegaskan betapa biaya sosialnya harus kita bayar mahal dan dunia bisa saja kehilangan kepercayaan. Padahal ini hanya kasus khusus saja karena kelalaian banyak pihak.

Kita harapkan kejadian ini segera diselesaikan agar hal yang sama jangan terjadi lagi tegas, Nelson Parapat sebagai salah satu senior GMKI yang juga mantan Ketua DPD PIKI yang sangat dihormati di kalangan Umat Kristen ini.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Dr. Januari Siregar, SH, MH. Kejadian ini harus diusut tuntas dan dibuka kepada public apa akar masalah sehingga hal yang sama jangan terjadi lagi, tegas anggota DPRD-SU yang juga dosen S2 di berbagai PTN dan PTS ini. (Rel/Jrg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *