Pengobatan Kutil yang Disebabkan Virus

posted in: Blog | 0

Jika Anda memiliki kutil, kemungkinan besar disebabkan oleh virus. Meskipun ada lebih dari 100 jenis HPV, yang paling umum adalah HPV1 dan HPV2. Gejala dan tampilan setiap jenis kutil berbeda satu sama lain. Kutil plantar biasanya berkembang di telapak kaki atau pergelangan kaki dan menyebabkan rasa sakit. Kutil datar adalah benjolan coklat yang ditemukan di tangan atau kaki.

Perawatan untuk kutil yang disebabkan oleh virus mungkin melibatkan pembekuan dengan nitrogen cair. Perawatan ini dapat dilakukan pada kutil plantar yang besar atau sebagai prosedur satu kali untuk kutil plantar yang lebih kecil. Prosesnya bisa memakan waktu hingga 2 sesi. Yang terbaik adalah mencari perawatan medis jika wabah berlanjut atau jika sangat besar. Seorang dokter akan dapat memberi tahu Anda tentang perawatan terbaik.

Salah satu pengobatan kutil yang disebabkan oleh virus adalah dengan mengoleskan larutan cuka sari apel pada kutil. Aplikator berujung kapas digunakan untuk mengoleskan larutan ini ke kutil. Penting untuk meninggalkan aplikasi di area yang terkena selama 20 menit. Anda harus mengulangi prosedur ini selama yang diperlukan untuk menghilangkan kutil. Jika kutil sangat menyakitkan, hentikan pengobatan segera.

Pengobatan lain untuk kutil yang disebabkan oleh virus adalah cryotherapy. Prosedur ini melibatkan aplikasi nitrogen cair ke kutil. Dingin membunuh sel-sel kutil dan memungkinkan kulit untuk beregenerasi. Prosesnya biasanya memakan waktu antara satu dan tiga tahun dan relatif tidak menyakitkan. Kebanyakan pasien mentolerir proses pendinginan dengan baik. Penghangatan kembali terjadi dalam dua hingga lima hari. Jika Anda tidak mengobati kutil dengan salah satu dari perawatan ini, kutil akan hilang dalam 2 hingga 3 tahun.

Dalam kebanyakan kasus, kutil disebabkan oleh virus yang menyerang kulit. Dalam banyak kasus, virus ini hadir pada kutil orang lain. Karena itu, penting untuk menghindari menyentuh kutil dan berbagi barang pribadi. Meskipun seseorang mungkin tidak memiliki kutil, mereka masih dapat membawa virus. Anda juga harus menghindari berjalan tanpa alas kaki di permukaan yang hangat. Kenakan sepatu mandi di tempat umum.

Kutil yang disebabkan oleh virus dapat diobati dengan krim anti virus. Pengobatan antivirus adalah pengobatan topikal yang menggunakan nitrogen cair untuk membunuh kutil. Perawatan ini dapat dilakukan pada orang dengan sirkulasi yang buruk. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki sirkulasi yang buruk karena asam dapat merusak saraf atau tendon. Proses pembekuan tidak memerlukan anestesi. Perawatannya tidak nyaman, tetapi tidak menimbulkan rasa sakit. Keropeng akan rontok dengan sendirinya dalam waktu tujuh sampai sepuluh hari.

Kutil yang disebabkan oleh diabetes dapat diobati dengan perawatan asam salisilat sederhana. Solusinya diterapkan pada kutil, menyebabkannya pecah. Dibutuhkan beberapa minggu agar perawatan berhasil, tetapi penting untuk menghindari menggosok atau menggosok area dengan abrasif untuk mengurangi iritasi kulit. Perawatan ini dapat menyebabkan infeksi, tetapi biasanya dapat ditoleransi dengan baik.

Ketika Anda melihat kutil, Anda harus segera ke dokter. Jika Anda memiliki kutil di kaki Anda, mudah disalahartikan sebagai penyakit kulit. Untungnya, kutil dapat diobati dengan larutan topikal yang mengandung asam glikolat. Krim ini mengandung bahan tretinoin dalam jumlah tinggi. Krim ini juga dapat digunakan bersamaan dengan perawatan lain, tetapi tidak dapat menyembuhkan kutil yang disebabkan oleh virus HPV.

Untuk mengobati kutil yang disebabkan oleh virus, Anda bisa menggunakan krim atau salep yang mengandung asam salisilat. Anda juga dapat menggunakan krim pengelupas yang mengandung asam glikolat atau asam salisilat yang lebih kuat, tetapi jangan mengoleskan kutil ke kulit normal Anda. Selama proses tersebut, Anda tidak boleh memilih atau menggaruk kutil. Melakukannya dapat menyebarkan virus dan menyebabkan infeksi.

Gejala kutil yang disebabkan oleh virus termasuk rasa terbakar dan nyeri. Jika Anda mengalami wabah, Anda harus segera mencari bantuan medis. Gejalanya bisa disertai demam. Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan apakah ada virus. Infeksi dapat diobati dengan antibiotik atau obat topikal. Ada beberapa pengobatan lain untuk kutil yang disebabkan oleh virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *