Cara Mengobati Dermatitis Atopik

posted in: Blog | 0

Jika Anda memiliki anak dengan dermatitis atopik, Anda mungkin mencoba mencari cara untuk membuat anak Anda senyaman mungkin. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh kebersihan yang buruk, tetapi memang demikian. Penyebab utamanya adalah reaksi alergi terhadap alergen. Ketika ini terjadi, sistem kekebalan tubuh merespons dengan cara yang negatif, mengakibatkan wabah eksim.

Cara paling efektif untuk mengobati dermatitis atopik adalah dengan melembabkan kulit secara teratur. Disarankan agar Anda melembabkan kulit Anda setidaknya dua kali sehari. Petroleum jelly dapat membantu mencegah gejala dermatitis atopik. Setelah Anda mengidentifikasi apa yang memicu kondisi Anda, Anda dapat mencari solusi yang akan meringankan gejala Anda. Hindari keringat, konsumsi alkohol berlebihan, dan jenis sabun dan deterjen tertentu, karena dapat memperburuk dermatitis atopik.

Meskipun gejala dermatitis atopik sulit dikenali, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusinya. Langkah pertama dalam mengobati dermatitis atopik adalah mencari perhatian medis sesegera mungkin. Selama kunjungan ke penyedia layanan kesehatan Anda, Anda akan diperiksa oleh dokter dan mungkin direkomendasikan perawatan. Perawatan ini mungkin termasuk penggunaan krim steroid topikal atau obat antihistamin, atau kombinasi keduanya.

Langkah penting lainnya dalam mengobati dermatitis atopik adalah menghindari paparan iritan. Ini termasuk goresan yang berlebihan. Gatal dapat menyebabkan luka retak atau terbuka, yang meningkatkan risiko infeksi. Dermatitis atopik juga dapat menyebabkan masalah kulit yang disebabkan oleh iritasi atau alergen tertentu. Sangat penting untuk mengawasi kondisi dan terjadinya reaksi alergi.

Gejala dermatitis atopik bervariasi dari orang ke orang. Area paling umum yang terkena dermatitis atopik adalah wajah, leher, siku, bagian belakang lutut, dan pergelangan tangan. Kondisi ini mungkin sulit untuk diobati, tetapi penting untuk mengambil tindakan pencegahan dan mengelolanya dengan hati-hati. Anda bisa menggunakan pelembab dan sabun yang lembut dan aman digunakan.

Anak-anak mungkin mengalami dermatitis atopik pada wajah, kulit kepala, dan tangan. Ruam ini sering terasa gatal dan bahkan bisa menyebabkan lepuh. Jika ruam terdapat di wajah, maka dapat mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk mata dan telinga. Jika gatalnya parah, pasien mungkin perlu minum antibiotik. Mereka yang menderita dermatitis atopik harus membatasi mandi mereka hingga 10 atau 15 menit. Mereka juga harus menggunakan sabun lembut dan mandi hanya jika diperlukan.

Ruam mungkin tidak langsung berkembang, tetapi akan ada untuk sementara waktu. Rasa gatal juga bisa terjadi pada jari tangan dan kaki. Jika ruam tidak parah, itu bisa berkembang sebagai tambalan kecil. Kulit gatal juga merupakan tanda neurodermatitis. Kulit gatal dapat mempengaruhi otak, yang merupakan salah satu alasan mengapa disebut dermatitis atopik.

Karena dermatitis atopik dapat menyerang bagian tubuh mana pun, Anda harus sering mandi. Beberapa kali seminggu, Anda bisa mandi dengan pemutih rumah tangga. Anda hanya boleh mandi sekali setiap beberapa bulan jika Anda rentan terhadap kondisi tersebut. Untuk meminimalkan kemungkinan Anda terkena dermatitis atopik, gunakan sabun yang lembut. Dan hindari menggosok kulit Anda dengan tangan dan pergelangan tangan.

Gejala dermatitis atopik dapat muncul di bagian tubuh mana pun. Pada anak-anak, ruam dapat dimulai pada wajah, leher, siku, dan kaki. Anak yang lebih besar mungkin memiliki kasus yang lebih parah pada siku dan alat kelamin. Gatal dapat terjadi sebelum ruam muncul. Jika Anda mengalami tanda-tanda dermatitis atopik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Gejala dermatitis atopik mirip dengan eksim, tetapi bisa berbeda untuk orang yang berbeda. Mereka tidak sama untuk setiap orang, dan mereka dapat menghilang untuk sementara waktu. Mereka biasanya menghilang setelah kulit terpapar alergen tertentu. Peradangan berada di bawah permukaan kulit, tetapi pada akhirnya akan kembali. Gejala dermatitis atopik bisa kronis dan gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *