Berbagai Jenis Kanker Serviks

posted in: Blog | 0

Ada beberapa jenis kanker serviks yang berbeda. Setiap jenis memiliki gejala dan penyebab yang berbeda, dan penting untuk mengetahuinya agar dapat memilih rencana perawatan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan Anda. Ada banyak pilihan pengobatan kanker serviks, termasuk operasi dan radioterapi. Informasi berikut akan membantu Anda memahami opsi mana yang terbaik untuk Anda. Dokter Anda juga akan mendiskusikan kemungkinan risiko yang terkait dengan setiap jenis kanker.

Stadium IB1 adalah jenis kanker serviks terkecil. Jenis ini biasanya memiliki tingkat kelangsungan hidup yang rendah. Ini sering menyebar ke daerah terdekat atau ke bagian lain dari tubuh. Untuk jenis kanker ini, pilihan pengobatannya mirip dengan kanker paru-paru sel kecil. Dokter dapat memilih untuk menggunakan pembedahan, kemoterapi, atau radioterapi, tergantung pada luasnya kanker. Tes pencitraan tambahan mungkin diperlukan untuk diagnosis. SIL tingkat tinggi biasanya menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Stadium II adalah jenis kanker serviks yang paling serius. Ini lebih agresif daripada stadium III dan mungkin memerlukan pembedahan. Jenis ini sering disebut sebagai karsinoma adenosquamous. Risiko untuk jenis ini kira-kira satu dari dua. Wanita dengan displasia serviks harus mencari pengobatan untuk jenis ini segera setelah mereka menemukan kelainan. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kanker serviks invasif. Jika terdeteksi dini, pembedahan atau terapi radiasi akan diperlukan.

Tidak seperti jenis kanker lainnya, kanker serviks adalah proses yang sangat lambat. Perubahan prakanker pada sel di leher rahim dikenal sebagai prakanker. Perubahan ini dapat berkembang menjadi kanker serviks. Ada dua jenis utama kanker serviks. Jenis ketiga disebut adenokarsinoma. Jenis ini dimulai di sel dekat zona transformasi. Kebanyakan adenokarsinoma, bagaimanapun, berkembang dari sel-sel kelenjar di dalam rahim.

Sel adenosquamous adalah jenis kanker serviks yang paling umum, sedangkan sel skuamosa jarang terjadi. Adenokarsinoma kurang umum dibandingkan karsinoma sel skuamosa, dan dua puluh dari setiap seratus kanker serviks adalah adenoskuamosa. Jenis kanker ini diperlakukan sama seperti kanker sel skuamosa. Jenis adenokarsinoma kanker serviks seringkali yang paling parah, sedangkan karsinoma sel skuamosa jarang terjadi.

Ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia untuk kanker serviks. Anda dapat memilih antara operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi. Perawatan ini akan tergantung pada stadium kanker dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Semakin dini kanker terdeteksi, semakin baik peluang Anda untuk berhasil mengobatinya. Jika kanker telah menyebar, terapi radiasi mungkin diperlukan untuk mencegah penyebarannya. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menerima perawatan kemoterapi dan perawatan radiasi. Ini akan memastikan bahwa Anda sesehat mungkin setelah operasi Anda.

Jenis kanker serviks yang pertama adalah sel skuamosa. Adenokarsinoma adalah bentuk paling umum dari kanker serviks. Adenokarsinoma adalah jenis kanker yang berkembang di kelenjar yang menghasilkan lendir di endoserviks. Secara umum, adenokarsinoma lebih mungkin ditemukan di eksoserviks daripada di rahim.

Jika Anda didiagnosis menderita kanker serviks, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Gejala kanker serviks mungkin termasuk pendarahan atau nyeri di daerah panggul. Dokter Anda akan meresepkan berbagai perawatan. Perawatan bedah adalah jenis yang paling umum, dan mungkin termasuk pengangkatan sebagian serviks atau organ panggul Anda. Jika kanker telah menyebar, Anda mungkin dapat menghindari jenis operasi ini. Jenis kedua, yang dikenal sebagai adenokarsinoma, adalah jenis yang paling tidak berbahaya.

Tipe kedua adalah karsinoma sel skuamosa. Jenis kanker ini dapat didiagnosis di bagian tubuh mana pun. Karsinoma sel skuamosa adalah bentuk paling umum dari kanker serviks, dan mempengaruhi sekitar 30% dari semua wanita. Jenis yang paling umum adalah karsinoma sel skuamosa (SCC), yang merupakan jenis kanker serviks invasif yang paling umum. Ini bisa dimulai di permukaan luar serviks, tetapi juga bisa menyebar ke rahim.

Kanker serviks merupakan penyakit yang umum terjadi pada wanita. Seorang dokter akan merekomendasikan rencana perawatan khusus berdasarkan jenis kanker yang Anda miliki. GP akan mengatur serangkaian tes untuk menyingkirkan lesi serviks. Jika menurut dokter tidak ada gejala yang terlihat, dia akan merujuk Anda ke spesialis. Spesialis akan membahas jenis kanker dan pengobatan terbaik. Tim multidisiplin dapat dibentuk untuk menilai kesehatan Anda dan membuat diagnosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *