Apa Penyebab Penyakit Genetik?

posted in: Blog | 0

Ada berbagai jenis Penyakit Genetik. Umumnya, seseorang hanya memiliki satu salinan gen tertentu yang telah diubah. Ini dikenal sebagai penyakit dominan. Penyakit resesif terjadi ketika kedua salinan gen mengalami mutasi. Jika seseorang memiliki penyakit resesif, ada kemungkinan 25 persen anaknya juga akan terkena penyakit tersebut. Ada beberapa cara untuk mencegah suatu kondisi berkembang, termasuk diet seimbang dan olahraga teratur.

Sebagian besar penyakit genetik disebabkan oleh mutasi tunggal pada gen tunggal. Namun, beberapa penyakit didasarkan pada pola pewarisan yang kompleks. Misalnya, seseorang mungkin memiliki beberapa mutasi pada gen tertentu sebelum mereka mengembangkan gejala penyakit. Kelainan genetik lainnya kompleks, dan mungkin memerlukan banyak mutasi yang berbeda sebelum penyakit bermanifestasi. Beberapa penyakit juga dapat disebabkan oleh kombinasi gen, menyebabkan mereka merespons lingkungan secara berbeda dari gen lainnya.

Penyakit genetik yang diturunkan terjadi ketika seseorang mewarisi jumlah materi genetik yang salah dari kedua orang tuanya. DNA berisi instruksi yang dibutuhkan sel untuk berfungsi. Ini adalah karakteristik yang membuat Anda unik. Setiap orang mendapatkan setengah dari gen mereka dari setiap orang tua biologis. Jika seseorang memiliki orang tua dengan kelainan genetik, itu meningkatkan risikonya untuk mengembangkannya. Beberapa dari kondisi ini dimanifestasikan saat lahir, sementara yang lain berkembang seiring waktu.

Ada banyak jenis kelainan genetik. Yang paling umum diwariskan dan melibatkan perubahan pada satu gen atau kromosom. Kelainan genetik yang diturunkan biasanya diturunkan dari satu orang tua ke orang tua lainnya. Beberapa dapat diperoleh melalui paparan lingkungan atau dari radiasi. Paling umum dari kondisi ini adalah multifaktorial. Kategori ini juga menyumbang jumlah terbesar kasus penyakit genetik. Mereka sering yang paling mahal untuk sistem perawatan kesehatan.

Penyakit genetik dapat memiliki banyak penyebab yang berbeda. Beberapa diwarisi dari satu orang tua, sementara yang lain diperoleh. Gangguan ini sering turun-temurun. Apakah seseorang memiliki satu salinan atau dua salinan gen dipengaruhi. Kadang-kadang, seseorang memiliki kedua salinan gen, tetapi hanya satu salinan yang dapat mengembangkan penyakit. Selain itu, seseorang juga dapat menjadi pembawa dua atau lebih kromosom.

Ada banyak jenis penyakit genetik yang diturunkan. Beberapa diwariskan, sementara yang lain diperoleh. Penyakit bawaan diturunkan dari satu orang tua ke orang tua lainnya, sehingga anak dengan satu gen dapat lahir dengan kelainan tersebut. Beberapa penyakit ini jarang terjadi, sementara yang lain hanya dapat menyerang satu orang tua. Penting untuk mencari dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit dalam keluarga. Jika Anda adalah pembawa gen tertentu, ini mungkin merupakan tanda penyakit autoimun.

Penyakit keturunan adalah penyakit yang disebabkan oleh mutasi spesifik pada satu gen. Kelainan ini sering diturunkan dari kedua orang tuanya. Penyakit keturunan sering ditandai dengan mutasi gen tunggal. Tapi mereka bukan satu-satunya jenis penyakit bawaan. Penyakit keturunan bisa multifaktorial. Ini berarti bahwa mereka dapat memiliki banyak penyebab. Beberapa mungkin memiliki banyak penyebab, sementara yang lain terkait dengan penyebab yang tidak diketahui.

Kelainan bawaan disebabkan oleh kelainan gen tunggal. Kehadiran mutasi gen tunggal tidak selalu berarti bahwa orang tersebut akan mengembangkan penyakit. Kelainan bawaan disebabkan oleh mutasi pada gen individu. Gejala penyakit ini bervariasi dari ringan hingga berat. Kelainan genetik dapat bersifat herediter atau didapat. Ini tidak berarti bahwa seseorang berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kelainan genetik tertentu daripada yang lain.

Penyakit keturunan disebabkan oleh perubahan pada satu gen. Penyakit-penyakit ini diturunkan. Anak-anak mewarisi mutasi dari orang tua mereka. Penyakit keturunan adalah hasil dari perubahan pada satu gen dalam kromosom. Kromosom yang terpengaruh adalah faktor kromosom dan nukleus. Kondisi ini terkait dengan gen tertentu. Cacat kromosom atau genetik dapat menyebabkan suatu kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *