Komandan Lantamal I Pimpin Upacaca Hari Nusantara Tahun 2017 – TVPOLRI News

posted in: Blog | 0

TVPOLRINews.com | Belawan_Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E., MSi, pimpin Upacara Hari Nusantara yang di ikuti oleh Wadan Lantamal I para Asisten Komandan Lantamal I, serta Kasatker dan seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama serta ASN Lantamal I bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I Rabu (13/12/2017).

Upacara yang dilaksanakan setiap tanggal 13 Desember ini merupakan peringatan yang ke 18 kalinya, bertujuan memperingati Deklarasi Juanda yg dicetuskan tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djoeanda Kartawijaya. 

Tahun ini kota Cirebon dipilih sebagai lokasi peringatan hari Nusantara, setelah sebelumya pernah dilaksanakan di Kalimantan Selatan (2014), Banda Aceh (2015) dan Nusa Tenggara Timur (2016).

 

Dalam Amanat nya yang di bacakan oleh Komandan Lantamal I, Menko Keamaritiman selaku ketua pengarah mengatakan Deklarasi Djoeanda merupakan tonggak  penyatuan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh, dan diantara pulau yang satu dengan yang lain tidak lagi terdapat laut Internasional, sehingga melalui pernyataan diri sebagai negara kepulauan, maka laut bukan pemisah tapi pemersatu bangsa.

Prinsip-prinsip wilayah laut negara kepulauan kemudian diterima, sehingga Wilayah laut Indonesia bertambah luas menjadi 5,8 juta km persegi, dan kemudian tanggal 13 Desember ditetapkan sebagai Hari Nusantara oleh Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri melalui Keppres No.126 Tahun 2001.

Sebagai negara Kepulauan terbesar di dunia  yg sebagian besar Wilayah Indonesia hampir 75% laut, Presiden Pertama RI Bung Karno pernah menegaskan dalam pidatonya di tahun 1953 “Usahakanlah agar kita menjadi Bangsa Pelaut kembali. ya, Bangsa Pelaut dalam arti seluas-luasnya, bukan sekedar menjadi jongos-jongos dikapal, tetapi Bangsa Pelaut dalam arti kata Cakrawati Samudera, Bangsa Pelaut yang mempunyai Armada Niaga, Bangsa Pelaut yang mempunyai Armada Militer, Bangsa Pelaut yang kesibukanya dilaut menandingi irama gelombang lautan itu sendiri”. kata-kata Bung Karno ini tentunya menjadi pemacu semangat kita untuk kembali kelaut, laut sebagai masa depan bangsa, Indonesia sebagai poros Maritim dunia, Indonesia memiliki potensi strategis sumber daya laut dan Wilayah yang harus dipertahankan.

Kota Cirebon dipilih sebagai lokasi peringatan tahun ini tidak lain karena memiliki nilai sejarah berupa pertempuran Angkatan Laut Indonesia waktu itu dengan pasukan Portugis, yang dikenal dengan Peristiwa Sarwajala serta kota ini dekat dengan kota kelahiran Perdana Menteri Djoeanda di kota Tasikmalaya, Peringatan Hari Nusantara ini tidak hanya peringatan Seremonial tetapi juga menjadi model kedaulatan Maritim kita.( Parsaoran sitorus )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *