UHN Medan MoU dengan NDHU Taiwan

Prof. Dr. Shu- Ling Chen dan Prof. Chih Peng Chu dari NDHU Taiwan diulosi  Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau dan Direktur Pascasarjana UHN Dr. Pantas H Silaban, MBA, WR IV Dr. Hilman Pardede, M.Pd setelah selesai MoU dan Pelatihan Publikasi Internasional  di Ruang Dr. Justin UHN

TVPOLRINews.com | Medan – Dalam rangka internasionalisasi UHN, maka setiap dosen, mahasiswa harus kita fasilitasi bagaimana agar kemampuannya bisa punya kemampuan akademik internasional yang pada akhirnya mahasiswa, dosen UHN juga punya reputasi internasional. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau saat mengadakan MoU dan pelatihan publikasi internasional oleh Prof. Dr. Shu- Ling Chen dan Prof. Chih Peng Chu dari National Dong Hwa University (NDHU) di Ruang Dr. Justin UHN, Kamis, (6/09/2018).

Hosting Unlimited Indonesia

Dr. Ir. Sabam Malau mengatakan tidak ada alasan bagi kita untuk sembunyi dari ruang globalisasi, maka siap tidak siap kita harus melakukan antisipasi. Salah satu antisipasi itu adalah, UHN Medan telah menjalin MoU dan MoA dengan berbagai institusi luar negeri yang juga punya reputasi, tegas Dr. Ir. Sabam Malau lagi.

Rektor UHN juga mengatakan progres UHN Medan dengan mengatakan sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.  

Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia tegas Rektor lagi.  Bahkan saat ini ada dua dosen UHN Medan yang menjadi dosen tamu di CULS Ceko yakni Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT dan Drs. Samse Pandiangan, M.Sc. PhD, tegas Rektor lagi. Rektor juga mengatakan, UHN Medan adalah salah satu PTS yang terbanyak melakukan pertukaran mahasiswa internasional. Rektor juga mengatakan bahwa Ketua yayasan UHN Ir. Nurdin Tampubolon, MM menyetujui International College sejak 1 Maret 2018 dengan membuka Program Joint Degree (alumni punya dua gelas) sebagai bagian dari internasionalisasi kampus.

Sementara Dr. Pantas H Silaban, SE, MBA dalam sambutannya mengatakan, pelatihan publikasi internasional untuk dosen dan maahasiswa S2 ini akan kita dukung agar mereka bisa menulis di jurnal internasional bereputasi. Untuk itu, harapan kita dengan adanya MoU dan pelatihan ini, kita telah membuka atmosfir internasionalisasi kampus di lingkungan akdemik UHN ini. Hal yang sama juga dikatakan oleh Dr. Hilman Pardede, M.Pd sebagai Wakil Rektor IV. UHN saat ini sudah bermain di level Internasional.

Seemntara Prof. Shu-Ling Chen mengatakan sangat senang dengan adanya MoU antara UHN dan NDHU Taiwan. Semoga kedepan MoU dan pelatihan yang kami berikan bermanfaat untuk kedua intitusi, tegas Prof. Shu-Ling Chen lagi dan diapresiasi oleh para mahassiwa pascasarjana UHN dan Dosen Pasca UHN lagi. (RL/JRG)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *