TJAHJO KUMOLO ; 314 USULAN DAERAH PEMEKARAN BARU TERMASUK “PROVINSI TAPANULI DAN PROVINSI NIAS” BELUM TEREALISASI

TVPOLORINEWS.COM|Sumut, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memohon maaf  kalau teman-teman di daerah yang telah mengusulkan adanya pemekaran daerah baru belum terealisasi.

Memang pemekaran itu hal yang diusulkan daerah sepanjang untuk percepatan pemerataan pembangunan disamping untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat tidaklah masalah. Disampaikan Mendagri ketika memberikan anamanah dalam kunjungan kerja di Kantor Gubernur Sumatera Utara baru-baru ini.

Hosting Unlimited Indonesia

“Tapi masalahnya saat ini yang mengajukan sudah 314 daerah pemekaran baru. Mungkin Provinsi Nias, Provinsi Tapanuli, ini yang sudah pernah diusulkan. Mohon maaf karena persiapan anggaran satu kabupaten kota itu lebih dari 100 Milyar, kita anggarkan. Itupun belum persiapan Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan sebagainya.” Sebut Mendagri.

Sampai hari ini saja, Provinsi Gorontalo 7 Kabupaten/Kota hanya ada 1 Komandan Kodim yang artinya memimpin di 7 kabupaten kota.  Ada Kapolres memimpin 3 Kabupaten, apalagi Kejaksaan.

Mendagri mengatakan, disamping ada usulan pemekaran baru yang kemarin baru dimekarkan jumlah kecamatannya 5 penduduknya tidak sampai 10.000 tiga tahun tidak mampu memutuskan DPRD.

Selain itu juga Tjohjo Kumolo juga menjelaskan, yang ternyata Kabupaten Provinsi Induk juga tidak mau kalau dipotong,” jadi mohon maaf untuk pemekaran bersabar disamping anggaran kita yang pas-pasan.”,Ucapnya (Hery B Manalu)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *