SOSIALISASI RS PRATAMA NISUT, INGATI NAZARA : RUMAH SAKIT PRATAMA KETIKA BEROPERASI AKAN MEMBERIKAN NILAI POSITIF KEPADA MASYARAKAT

TVPOLRINews.com | Nias Utara – Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Sosialisasi Persiapan Administrasi Rumah Sakit Pratama Kabupaten Nias Utara (20/07) yang akan beroperasi pada Tahun 2019 yang akan datang.

Yos Sudharta dari Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran  UGM Yogyakarta Merupakan Nara Sumber pada Sosialisasi tersebut.

Hosting Unlimited Indonesia

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara Ya’adil Telaumbanua SKM, menyampaikan dengan telah terbangunnya Rumah Sakit Pratama Kabupaten Nias Utara yang dilatarbelakangi dengan Peraturan Persiden Nomor 131 tahun 2015 Penetapan Daerah Tertinggal, Permenkes Nomor 24 tahun 2014 tentang Rumah Sakit Kelas D Pratama dan Permenkes Nomor 56 tahun 2014 tentang Perizinan dan Klasifikasi Rumah Sakit.

“Untuk memulai pengoperasiannya Dinas Kesehatan perlu meningkatkan pelayanan dengan menetapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan masyarakat baik kelengkapan administrasi, perekrutan tenaga medis dan sistem informasi rumah sakit.” Ungkap Ya’adil.

Rumah Sakit Kelas Tipe D Pratama di 122 Kabupaten Daerah tertinggal di Indonesia termasuk Rumah Sakit Pratama Kabupaten Nias Utara.

“Dinas kesehatan telah berkerjasama dengan pusat kebijakan dan manajemen kesehatan fakultas kedokteran UGM (PKMK FK UGM) pada tanggal 29 November 2017 dengan melaksanakan studi banding di RS Pratama Yogyakarta pada tanggal 30 November 2017.” Jelas Ya’adil.

Selanjutnya Ya’adil menjelaskan bahwa Kendala Rumah Sakit Pratama masih banyak. Kendala yang dihadapi ketersediaan air  bersih yang belum ada, pembangunan fisik dan kelengkapan meubilier kamar jenazah, laundry, dapur gizi, ketersediaan obat, penambahan Alkes (Alkes di Laboratorium), rumah dinas tenaga kesehatan, kendaraan operasional (ambulance), on the job training (OJT) untuk tenaga kesehatan, genset, anggaran operasional RS, penataan ruangan, halaman serta parkiran, dengan berbagai upaya dan anggaran yang ada maka Dinas Kesehatan menargetkan persiapan rampung di akhir November 2018 yakni terbitnya Surat Ijin Operasional Rumah Sakit Pratama Kab. Nias Utara yang dikeluarkan oleh Bupati Nias Utara, dan Rumah Sakit Pratama Kabupaten Nias Utara siap dan aktif beroperasi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Nias Utara pada awal tahun 2019.

Lebih lanjut, Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan program nawacita Pak Jokowi salah satunya adalah penguatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil.

“Berdasarkan pada hasil pencapaian derajat kesehatan yang masih jauh maka pemerintah pusat melalui kementerian  kesehatan telah merencanakan pembangunan Rumah Sakit Tipe D Pratama di daerah DTPK, dengan berbagai upaya pemerintah daerah Nias Utara sehingga pembangunan Rumah Sakit Tipe D Pratama telah terwujudkan.” Tegas Ingati.

Ingati menyampaikan apabila rumah sakit aktif beroperasi akan memberikan berbagai sisi positif kepada masyarakat Nias Utara ke depan.

“Angka rujukan ke rumah sakit Gunungsitoli bisa kita tekan, masyarakat mendapatkan akses pelayanan rumah sakit yang dekat, jaminan kesehatan Nasional difasilitasi kesehatan tingkat lanjutan dapat terealisasi, pendapatan daerah dari sektor kesehatan meningkat dan derajat kesehatan masyarakat juga turut meningkat.” Kata Ingati.

Selanjutnya beliau mengharapkan kepada seluruh pimpinan perangkat daerah dan masyarakat mendukung penuh setiap proses persiapan rumah sakit, mulai dari pembenahan sarana dan prasarana sampai persiapan manajemen dan administrasinya sehingga Rumah Sakit Pratama Nias Utara dapat aktif beroperasi pada awal tahun 2019. (Fj).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *