SABELS Karya Ilmiah Guru Besar FKIP Nommensen Terdaftar di Surat Pencatatan Ciptaaan Kemenkumham RI

Prof. Dr. Selviana Napitupulu, Prof. Dr. Sanggam Siahaan, dan David Berthony Manalu, S.Pd, M.Pd mengabadikan Surat Pencatatan Ciptaan dari Kemenkumham RI kategori Karya Ilmiah dengan tema SABELS di Kampus UHN

 

Hosting Unlimited Indonesia

TVPOLRINews.com | Medan – Kurikulum 2013 mengharuskan semua pembelajaran di sekolah sekolah berdasarkan pendekatan ilmiah, untuk itu pengajaran Bahasa Inggris para Guru masih sulit menerapkan pendekatan ilmiah ini dan belum ada temuan yang menunjukkan keberhasilan dalam menerapkan pendekatan ini.

Dalam penelitian Dikti kami mencoba membuat strategi dalam menerapkan pendekatan ini yang disebut “SABELS” (Scientific Approach Based English Learning Strategy) tegas Guru Besar FKIP Universitas HKBP Nommensen (UHN) Prof. Dr. Selviana Napitupulu, M.Hum didampingi oleh Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum, dan David Berthony Manalu, S.Pd, M.Pd terkait hasil karya cipta ilmiah mereka masuk dalam Surat Pencatatan Ciptaan Kementerian Hukum dan HAM RI No: 000112341 yang berlaku selama hidup pencipta dan terus berlangsung selama 70 Tahun di Kampus UHN, Selasa, (8/09/2018).

Prof. Dr. Selviana juga mengatakan, pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia jadi penerapan pendekatan ilmiah ini para Guru belum maksimal mampu melaksanakannya, tambah Prof. Selviana. Kedepan SABELS ini harus dipahami oleh guru agar kemampuan kita dalam berbahasa Inggris bisa lebih efektif, terukur karena kita tidak bisa menghindar dari proses globalisasi, tegas Prof. Selviana.

Sementara Rektor UHN Dr. Ir. Sabama Malau sangat mengapresiasi apa yang jadi karya ilmiah tigas dosen UHN ini karena tugas dosen adalalah melakukan penelitian yang bisa diimplementasikan di masyarakat. Saat ini sudah banyak dosen UHN punya hak cipta dan terdaftar di Surat Pencatatan Ciptaan di Kemenkumham RI. Kedepan semua dosen akan kita dorong bagaimana agar semua dosen bisa melakukan hal yang sama. Semoga Karya Ilmiah dosen UHN  seperti SABELS ini bisa berguna untuk masyarakat dan bisa diterapkan agar kemampuan anak-anak siswa kita bisa belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Dosen UHN terus kita dorong agar mereka punya karya ilmiah yang bisa tercatat di Surat Pencatatan Ciptaan Kemenkumham RI sehingga kehadiran UHN bisa bermanfaat bagi masyarakat Sumut. Sekali lagi, UHN bangga punya dosen yang kreatif dan inovatif, untuk itu, jangan ragu kuliah di UHN, tegas Doktor Genetika Tumbuhan lulusan Jerman ini lagi. UHN saat ini secara internal terus melakukan pembenahan internal dengan tujuan agar mutu lulusan UHN makin bagus dan mampu bersaing di era MEA. Saat ini UHN adalah PTS terbanyak yang paling banyak melakukan “student exchange” ke luar negeri seperti Taiwan, Jepang, Korea Selatan, bahkan negara Eropa seperti CULS dari Republik Ceko, tegas Rektor lagi.

Sementara Direktur Sentra Hak Kekayaan Intelektual Nommensen (Sentra HKI) Ir. Rosnawyta Simajuntak, MP mengatakan, karya ilmiah para dosen yang punya bobot dan punya kemanfaatan yang bagus untuk diimplementasikan akan kita fasilitasi untuk mendapatkan Surat Pencatatan Ciptaan dari Kemenkumham RI. Target kita kedepan, semkain banyak dosen UHN yang punya karya ilmiah yang memperoleh Surat Pencatatan Ciptaan dari Kemenkumham RI, tegas Direktur Sentra HKI Nommensen ini lagi. (RL/JRG)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *