Rektor UHN Medan Dukung Pernyataan Sikap L2DIKTI

Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH, MH, dan Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu MH, foto bersama setelah selesai membacakan pernyataan sikap L2DIKTI Sumut di Biro Rektor USU

TVPOLRINews.com | Medan – Rektor Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH  sangat mendukung pernyataan sikap Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Sumatera Utara (L2DIKTI) dalam menyikapi hasil pemilu 2019 yang diadakan di Biro Rektor USU, Kamis, (16/05/2019).

Hosting Unlimited Indonesia

Dalam siaran persnya sebagaimana yang dibacakan oleh Prof. Dr. Dian Armanto, M.Sc L2DIKTI dalam sikapnya dengan tegas mengatakan bahwa 1). Menghimbau kepada seluruh sivitas akademika, seluruh elemen masyarakat dan para elite politik  untuk mmeberikan kesempatan kepada KPU RI melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana di atur dalam perundang-undangan hingga pengumuman resmi hasil pemilu 2019-2024.

2). Menghimbau kepada penyelenggara pemilu (KPU, Bawaslu, dan DKPP) agar dalam menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan pada asas-asas mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, efisien, dan amanah.

3). Menghimbau kepada seluruh insan Sivitas Akademika, seluruh elemen masyarakat dan para elite politik untuk menghindari diri dari perbuatan  yang sifatnya melanggar norma-norma agama, norma-norma hukum, moral, provokatif, dan perbuatan lainnya yang dapat mengganggu kerukuna kehidupan bermasyarakat, beragama dan bernegara.

4). Menghimbau kepada insan Sivitas Akademik, seluruh elemen masyarakat dan para elite untuk tidak mudah terprovokasi oleh sikap ajakan dari sekelompok orang yang ingin mengacaukan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

5). Menghimbau kepada pihak-pihak yang melihat atau mengetahui terjadinya kecurangan atau pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu atau terjadi sengketa dalam proses pemilu, agar menempuh upaya mencari penyelesaiannya sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Prof. Dr. Dian sangat mengharapkan agar pernyataan sikap L2DIKTI Wilayah Sumatera Utara ini bisa dipahami dan dilaksanakan oleh semua PTN dan PTS yang ada di Sumatera Utara, tegas Prof. Dr. Dian Armanto lagi.

Sementara Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH, MH mendukung penuh pernyataan sikap L2DIKTI ini karena ini adalah sebuah pernyataan sikap yang membangun, mengajak damai, dan penuh dengan kecintaan kepada NKRI. Biarkan semua berproses dengan baik, jika ada sesuatu yang dianggap menyimpang mari percayakan kepada hukum, tegas Rektor UHN.

Rektor UHN juga sangat mendukung  penuh KPU dalam melakukan tugasnya. Apa yang diamanatkan oleh UU kepada KPU mari kita hormati. KPU sudah sangat maksimal dalam melakukan pekerjannya, dan untuk itu mari kita hormati. KPU adalah institusi yang secara formal dan legal akan mengumukna hasil pemilu 2019 ini, mari percayakan kepada mereka, tegas Rektor lagi.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, MH, agar semua pihak menahan diri demi kemajuan bangsa ini kedepan. Pernyataan sikap ini adalah wujud dari dukungan kita kepada masa depan bangsa ini, tegas Rektor lagi. (rl/jrg)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *