Pos TNI Pulau Banyak Laksanakan Penyuluhan Kepada Masyarakat Nelayan Pulau Banyak
TNI 
TVPOLRINews.com | Semeulue_Pos TNI AL Pulau Banyak yang berada dibawah Lanal Semeulue melaksanakan Penyuluhan kepada Masyarakat Nelayan tentang Pentingnya Masalah Alat Navigasi Di Kapal bertempat di Kantor Posal Pulau Banyak Semeulue, Senin (29/01/2018).
 
Pada kesempatan tersebut Komandan Posal Pulau Banyak Letda Laut (T) Wiwin Yulianto menjelaskan topik materi sebagai berikut:
 
  1. Dalam Hal ini lalu lintas pelayaran dipenuhi oleh kapal tradisional dan moderen yang dilengkapi dengan bermacam-macam sistem navigasi antara lain navigasi konvensional dan navigasi elektronik.
  2. Alat-alat dan pesawat navigasi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan tentang navigasi yang harus dipelajari oleh setiap navigator diatas kapal. Oleh karena navigasi mengandung dalam keselamatan perjalanan suatu kapal, maka alat-alat navigasi harus dibuat lebih modern dan mendekati kesempurnaan sesuai dengan perkembangan, dan kemajuan teknologi.
  3. Sehubungan dengan hal itu maka sebagai navigator harus mempelajari dengan baik alat-alat navigasi maupun cara pemakaian alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan teknologi.
  4. Alat-alat navigasi dan pesawat-pesawat yang harus ada dikapal-kapal Indonesia ditentukan oleh peraturan-peraturan kapal tahun 1935 (Schepen Ordenensi 1935 dan Schepen Verordening 1935),  ketentuan SOLAS 1974 dan Resolusi IMO (Internasional Marine Organisation).
  5. Secara garis besar alat – alat navigasi dibagi menjadi dua (2) bagian yakni Alat – Alat Navigasi Biasa (Konvensional) dan Alat – Alat Navigasi Moderen (Elektronik).
Berikut alat – alat navigasi biasa (Konvensional) sbb :
 
  1. Alat-alat yang dipakai diruang peta untuk melukis garis-garis haluan, posisi kapal yang di ploting diatas peta laut yang digunakan. Alat – alat yang digunakan untuk menentukan posisi kapal Alat-alat untuk menentukan arah dan mengukur sudut dalam bidang datar.
  2. Alat-alat untuk membaring/membidik benda-benda didarat (penjera celah). Penjera Celah Alat-alat untuk mengetahui kecepatan kapal (topdal).Topdal Alat-alat untuk mengetahui kedalaman air (perum tangan).Perum tangan Alat-alat untuk mengetahui tekanan udara (barometer). Barometer Alat untuk pengukur waktu (Chronometer). Chronometer Alat untuk mengukur kecepatan angin (anemometer). Anemometer Alat untuk mengetahui suhu udara (Thermometer).
Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh Panglima Laot Pulau Banyak dan Puluhan Nelayan Lokal Pulau Banyak. (Parsaoran Sitorus)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *