Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Pembukaan Festival Budaya Melayu

Teks Photo : Plt. Bupati Labuhanbatu saat menyampaikan arahan dan bimbingannya pada acara festival tari dan lagu melayu tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 di Gedung Nasional Rantauprapat

 

Hosting Unlimited Indonesia

TVPOLRINews.com | LABUHAN BATU – Hari ini Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT menghadiri serta sekaligus secara simbolis membuka pagelaran acara festival budaya melayu yaitu perlombaan tari dan lagu melayu, Kamis (9/8) di Gedung Nasional Rantauprapat.

“Pelaksanaan festival melayu sebagai ajang apresiasi Pemkab Labuhanbatu terhadap para seniman dan budayawan dari etnis melayu, yang merupakan penduduk asli daerah Labuhanbatu,” ujar Andi Suhaimi saat memberikan kata sambutan.

Andi berharap pelaksananaan festival ini dapat menjadi motivasi masyarakat dan seniman di Labuhanbatu, untuk berkarya dalam bidang seni dan budaya etnis masing-masing, guna menuju Labuhanbatu yang berbudi luhur, saling hormat-menghormati, dan memiliki kesetiakawanan sosial yang tinggi.

Festival ini sudah sewajarnya dilakukan, karena sejarah di Labuhanbatu dulunya adalah etnis melayu, kedepanya agar kegiatan seperti ini di perbanyak, jangan hanya satu etnis yang diperlombakan, mudah-mudahan tahun depan kita bisa memperlombakan 5 etnis sekaligus.

“Kepada para peserta saya mengucapkan selamat berlomba, dan semoga mendapatkan hasil yang terbaik, sehingga nantinya ketika dibutuhkan, Labuhanbatu sudah siap mengirimkan para peserta terbaik festival budaya melayu ke tingkat Provinsi,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Labuhanbatu Ade Huzaini SE, selaku panitia diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Sarina S.Pd MM mengatakan, tujuan dilaksanakan festival budaya melayu yaitu guna menumbuh kembangkan pemahaman terhadap budaya tradisi warisan leluhur, untuk dapat mengantisipasi pengaruh budaya luar yang negatif serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Peserta perlombaan berasal dari 9 Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu, masing-masing mengirimkan 1 pasang penari dan 1 pasangan duet lagu melayu, tari yang diperlombakan yaitu tari Serampang XII, sedangkan lagu wajib yang diperlombakan yaitu Musalmah, dan Selasih Kusayang, serta Cubit Sayang, Putih Kuning dan Tanjung Katung yang merupakan lagu pilihan,” pungkasnya. (P.S).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *