Pagelaran Pesona Budaya Nias Selatan :”Lestarikan Budaya Nias Selatan, Kita Bangun Rumah Besar Pulau Nias”

TVPOLRINews.com | Medan : Pagelaran Pesona Budaya Nias Selatan dihadiri ribuan masyarakat Nias serta warga kota Medan, Minggu (1/4/2018) malam di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

Dalam pagelaran budaya Nias Selatan ini ditampilkan tari-tarian ciri khas budaya yang ada di Nias Selatan, lagu daerah, acara adat pernikahan, tarian perang dan lompat batu.

Hosting Unlimited Indonesia

Masyarakat yang datang sangat antusias untuk melihat Budaya Nias Selatan secara langsung. Karena selama ini mereka hanya bisa melihat melalui media masa sehingga mereka pun senang bisa datang ditempat ini.

Ketua Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPPPKN) Mayjen TNI (Purn) Christian Zebua menghadiri malam Pesona Budaya Nias Selatan.

Ketua BPPPKN Mayjen TNI (Purn) Cristian Zebua menyatakan bahwa acara budaya seperti ini sangat penting untuk kita lestarikan. “Kita bangga dengan budaya kita untuk membangun daerahnya dengan mengingatkan tali persaudaraan lewat acara seperti ini. Lestarikan Budaya Nias Selatan”, sebutnya.

Lebih lanjut, Cristian Zebua menjelaskan bahwa perjuangan kita saat ini adalah untuk membangun Provinsi Nias atau dengan kata lain membangun Rumah Besar Pulau Nias.

“Rumah Besar Orang Nias mengharapkan, untuk itu mari kita berdoa agar terwujud semua apa yang kita inginkan. Agama Kristen, Katolik, Islam, Budha, Hindu dan Kong Hu Cu mengajak untuk berdoa bersama agar Provinsi Nias dapat terwujud”, Sebut Cristian. 

“Bahwa budaya kita setara dengan budaya lain. Maka Pulau Nias itu bisa jadi sebuah Provinsi”, ujarnya.

Tampak hadir dalam acara Pagelaran Pesona Budaya Nias, Edy Rahmayadi. Dalam suasana suka cita pesta Rakyat masyarakat Nias Selatan di Kota Medan yang berbaur dengan masyarakat kota Medan lainnya dibalut dengan semangat kebersamaan, panitia yang cukup kreatif para pengunjung dianjungan Pekan Raya Sumatera Utara malam itu turut diundang naik ke atas pentas Pesta Pesona Budaya Nias Selatan.

Warga dan tokoh masyarakat Nias Selatan pada pesta Pesona Budaya Nias Selatan malam itu tidak mengira kedatangan Edy Rahmayadi yang turut berbaur dalam pesta rakyat ini.

Tampak dalam pantauan TVPOLRINews, Bupati Nias Selatan, tokoh masyarakat, Masyarakat Nias maupun warga Medan lainnya, para penari, seniman dan budayawan Nias Selatan bersama Edy Rahmayandi berbaur dalam kegembiraan semangat persatuan cinta Budaya. Menari bersama dalam tarian Traditional Nias Selatan yang sudah mendunia, Tarian Maena, Salam Persona Budaya Nias Selatan, Yahowu…(Hery B Manalu)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *