Orasi Asosiasi Transportasi Online Di DPRD Sumatera Utara

TVPOLRINews.com | Medan: Asosiasi Transport Online Sumatera Utara orasi di depan Gedung DPRD Sumatera Utara, Kamis (1/2) siang, mengenai polemik yang terjadi antara angkutan transportasi konvensional dengan transportasi online belum menemui titik terang.

Keduanya saling mempertahankan diri untuk tetap dapat beroperasi berdasarkan payung hukum yang memihak keduanya. Pemerintah melalui kementrian perhubungan memberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.108/2017 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Tetap saja, solusi tersebut mendapat penolakan khususnya dari para sopir transportasi online yang ada.

Hosting Unlimited Indonesia

Koordinator aksi, David Siagian mengungkapkan kepada wartawan bahwa ada tujuh hal di dalam Permenhub tersebut yang dianggap memberatkan para sopir transportasi online yakni tentang uji KIR dan penempelan stiker, Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT), tarif dasar, batas kuota, STNK berbadan hukum (selain koperasi), SIM A ke SIM umum dan peran aplikasi/aplikator.

“Transportasi online adalah solusi transportasi di Indonesia. Bukan pencuri atau perampok hidup transportasi lain. Permenhub ini memberatkan bagi kami sopir transportasi online, kami menolak permenhub ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, Asosiasi Transportasi Online Sumatera Utara meminta agar Dinas Perhubungan dan kepolisian tidak melakukan razia terhadap transportasi online dan meminta pemerintah Sumut untuk duduk bersama membahas persoalan transportasi online di Sumatera Utara.

Aspirasi mereka diterima oleh Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumut, H, Fahrizal Efendi Nasution SH, anggota Komisi D DPRD Sumut, Leonardo Surungan Samosir, BA dan H. Syamsul Qadri Marpaung Lc. Ketiganya menyampaikan agar para sopir transportasi online di Sumut bersabar dan mereka berjanji akan segera menjadwalkan pemangku kebijakan terkait untuk duduk bersama sopir transportasi online membahas penyelesaian polemik yang terjadi. (Hery B Manalu)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *