Musik Etnik Nias Utara Siap Bergema di Pesparawi Tingkat Nasional, “Bisa Angkat Pulau Nias Sebagai Pulau Idaman Menuju Destinasi Wisata”

TVPOLRINews.com | Nias Utara – Paduan Suara Musik Nias Utara akan bergema di tingkat Pesparawi Nasional di Pontianak akan mengangkat nilai-nilai kearifan local Pulau Nias sebagai Pulai Idaman yang suatu saat akan mempromosikan pariwisata pulau Nias. Ini tentu sangat menguntungkan dari sisi promosi mewujudkan Pulau Nias sebagai  destinasi wisata, tegas Jadi Pane ketua Keberangkatan Pesparawi Nasional 2018 di Pontianak, Sabtu, (14/07/2018).

Jadi Pane mengatakan, Musik Rohani Berkarakter Budaya Lokal (Etnik) salah satu kategori yang akan diperlombakan pada  Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XII tanggal 29 Juli-4 Agustus 2018 di Pontianak, Kalimantan Barat, maka kami panitia memilih dan menetapkan Paduan Suara Nias Utara untuk mewakili Sumatera Utara pada event tersebut, dimana kategori ini untuk melengkapi 11 kategori yg sdh terpilih melalui Pesparawi Sumatera Utara Tahun 2017.

Hosting Unlimited Indonesia

Oleh karena itu kami hadir pada kesempatan ini untuk monitoring sekaligus memberi motivasi bagi PS (Paduan Suara) agar nantinya ketika tampil di Pontianak dapat memberi yang terbaik bagi Sumatera Utara sekaligus memperkenalkan budaya Nias kepada seluruh peserta yang mewakili Provinsi se-Indonesia, kata Ketua Tim Pesparawi Sumatera Utara, Jadi Pane SPd pada sesi latihan PS Nias Utara di Gereja BNKP Omasio Tuhemberua Nias Utara, Jumat (13/7).

Dia mengatakan, tim Pesparawi Sumut, harus mempersiapkan diri untuk bertanding ke tingkat Nasional. Sebab para peserta dari Provinsi lain juga sangat bagus-bagus, katanya. Dia juga menyampaikan mengharapkan dukungan dari masing-masing kepala daerah yang kontigennya menjadi utusan Provinsi Sumatera Utara ke tingkat Nasional.

“Dana pendamping ini sangat penting sekali, walaupun Pemprovsu dan Kemenag RI sudah menampung anggarannya, anggarannya terbatas. Untuk itulah kami menyampaikan himbauan ini agar masing-masing kepala daerah bisa memberikan anggaran pendamping untuk masing-masing kontigen yang menjadi utusan Provinsi Sumatera Utara ke Pontianak,” ujarnya.

Dikatakannya, adapun kontingen Pesparawi Provinsi Sumatera Utara yang akan berangkat ke Pontianak, diantaranya, Kategori Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC) dari Kontigen LPPD Kabupaten Tapanuli Tengah. Kategori Paduan Suara Wanita (PSW) dari LPPD Kota Medan, Paduan Suara Pria (PSP) dari LPPD Kota Medan, Paduan Suara Remaja Campuran (PSRC) dari LPPD Kota Medan, Paduan Suara Anak (PSA) dari LPPD Kabupaten Dairi.

Kategori Solo Anak 7-9 tahun dari LPPD Kota Sibolga, Solo Anak Usia 10-13 tahun dari LPPD Medan, Solo Remaja Putri dari LPPD Kabupaten Tapanuli Tengah. Solo Remaja Putra dari LPPD Medan. Kategori Musik Pop Gerejawi/Band dari LPPD Asahan, Kategori Vocal Group dari LPP Kota Medan, ditambah Kategori Lagu Etnik dari Kabupaten Nias Utara.

Hadir juga pada kesempatan itu Ketua LPPD SU Drs. Jimmy Pasaribu, Tim Monitoring Ir. Tony Siagian, Susanty Marpaung, Erap Manik, yang memberikan masukan secara teknis kepada PS utk peningkatan kwalitas.

Kepada para peserta yang mewakili Sumut dan akan berangkat ke Pontianak pertengahan Juli ini, dia menghimbau, melalui kunjungan ini dapat betul-betul mempersiapkan diri untuk menghadapi Pesparawi tingkat Nasional tersebut.

“Perparawi tingkat Nasional ini akan diikuti seluruh Provinsi yang ada di Indonesia ini. Kami dari LPPD Sumut sangat mengharapkan agar Kontigen dari Provinsi Sumatera Utara bisa menjadi pemenang. Karena untuk menjadi pemenang dibutuhkan persiapan dan latihan serta fasilitas yang memadai. Kami yakin, masing-masing Kepala Daerah yang kontigennya menjadi perwakilan Sumut, pasti memberikan yang terbaik demi membawa nama daerah Kabupaten/Kota-nya juga,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris LPPD Nias Utara Daliwanolo Telaumbanua, SE sekaligus mewakili Bupati menyampaikan terimakasih kepada LPPD Sumut yg mempercayakan PS Nias Utara mewakili etnik ke Pesparawi Naisonal, ini bukan hanya kebanggaan bagi masyarakat Nias Utara tetapi juga masyarakat Nias secara keseluruhan, katanya menambahkan. (RL/JRG)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *