Masuri SH : Kalau Memang Itu Takdir Allah, Saya ‘Wakafkan’ Diri untuk Warga Bengkalis

TVPOLRINews.com | Bengkalis – Masuri atau yang lebih populer dipanggil mas Bagong, sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat Bengkalis. Selain seorang pengusaha, Ia juga aktif terlibat di sejumlah organisasi. Mulai ketua Kadin Bengkalis, Ketua Federasi Serikat Pekerjaan Transportasi Indonesia (FSPTI) Kabupaten Bengkalis, Ketua Advokasi Rakyat Untuk Nusantara (ARUN) Riau, Ketua Paguyuban Jawa Kabupaten Bengkalis dan banyak lagi organisasi lainnya. Selain dekat dengan masyarakat, Masuri juga punya hubungan baik dengan kalangan pers. Bahkan Ia didapuk sebagai Penasehat kehormatan PWI Bengkalis hingga sekarang.

Belakangan, nama Masuri kerap jadi buah bibir. Ia disebut sebut bakal maju dalam Pilkada Bengkalis 2020. Meski belum mendeklarasikan diri, namun sinyal dirinya maju telah menggaung sejak tahun 2018 lalu. Malah, untuk mengukuhkan niat politik nya tersebut, Mas Bagong telah membentuk Tim Sukses yang dilabeli “Kerabat Masuri untuk Bengkalis Lebih Sejahtera”. “Jika memang itu takdir Allah, Saya wakafkan diri ini untuk warga Bengkalis, lebih sejahtera lagi,” ucap Masuri.

Hosting Unlimited Indonesia

Lalu sejauh mana keseriusan Masuri menghadapi pertarungan politik Pilkada Bengkalis?

Berikut hasil wawancara dengan Masuri.

Anda digadang-gadang sebagai bakal calon bupati Bengkalis yang cukup diperhitungkan dan mulai menguat di ruang publik, apa Tanggapan Anda..., Pertama, Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada berbagai elemen masyarakat Bengkalis yang memberi dorongan dan support kepada saya untuk ikut berkometisi di Pilkada ini. Sebab, sedari awal memang karena dorongan itulah yang makin memicu adrenalin saya menggelegak, disamping niat tulus yang memang telah ada sejak awal untuk membawa harapan baru bagi masyarakat Bengkalis.

Sesungguhnya apa motivasi Anda ikut Pilkada Bengkalis…, Seperti yang Saya sebutkan sebelumnya, Saya ingin mengabdikan diri dengan membawa hope (harapan) baru bagi masyarakat Bengkalis yang hari ini kondisinya kurang begitu menggembirakan, terutama soal ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Selain isu lainnya, 3 isu ini cukup urgen dalam memulihkan ketertinggalan.

Bagaimana Anda melihat potret kabupaten Bengkalis hari ini…, Untuk pertanyaan ini Saya harus jujur katakan, hari ini Bengkalis masih jauh dari ekspektasi warga. Kendati apa yang telah dilakukan Pemimpin sekarang sudah lumayan bagus, namun masih banyak yang mesti kita benahi. Intinya, jika Saya diberi amanah, mana program yang sudah bagus kita lanjutkan bahkan kita tingkatkan, mana yang kurang bagus akan kita isi dan lengkapi dengan konsep yang telah kita siapkan.

Apa skala prioritas yang akan Anda lakukan jika kelak diberi amanah...,
Yang paling urgent dan menjadi skala prioritas adalah kita pulihkan dulu ekonomi warga, agar loading (beban) Bengkalis mengatasi keterbelakangan perekonomian berkurang serta sesuai ekspektasi. Setelah itu baru kita melompat ke isu strategis lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, maupun aspek lainnya yang mendesak bagi rakyat Bengkalis.

Kalau boleh tahu apakah Anda sudah memiliki blue print Kabupaten Bengkalis kedepan..., Sudah kita siapkan semua, dengan melibatkan berbagai pakar dibidangnya, juga melibatkan tokoh dari lintas agama dan etnis yang ada di Bengkalis. Cetak biru itu akan kita paparkan nanti pada momen yang tepat, agar diketahui oleh seluruh warga Bengkalis.

Anda bukan orang politik, bagaimana Anda bisa meyakinkan publik Bengkalis..., Saya paham benar banyak orang menolak tesis yang mengatakan politikus bukan pemimpin. Ahli manajemen organisasi akan mengatakan setiap orang memiliki kemampuan untuk memimpin, termasuk politikus. Meminjam terminologi Bourdieu, setiap orang memiliki kuasa, dan oleh karena itu, politikus juga memiliki kuasa untuk memimpin. Saya sepakat. Itu definisi ideal. Meskipun demikian, untuk konteks kekinian, sosok yang bukan berasal dari politikus saya pikir akan mampu menjadi seorang ayah dan bapak bagi semua orang. Jadi, walau Saya bukan dari kalangan politisi, Saya akan buktikan itu kelak jika diberi kepercayaan masyarakat.

Politik elektoral membutuhkan partai politik sebagai sarana atau ‘perahu’ agar bisa ‘berlayar’.Sudah sejauhmana lobi-lobi Anda dengan Parpol.

Insya Allah, jika Tuhan yang maha kuasa memberi jalan, Saya saat ini tengah berjuang melakukan komunikasi secara intensif dengan kawan kawan Partai Politik. Lewat tahapan penjaringan di sejumlah parpol, seperti PAN, PDIP, PKB, Nasdem, serta partai lainnya, sudah saya paparkan visi misi sebagai bentuk keseriusan maju. Saya berharap niat tulus saya ini mendapat support dari para elite partai mulai dari bawah hingga ke pusat.

Beredar dan viral di media sosial, Anda mengusung tagline “maju sejahtera untuk negeri,” Bisa dijelaskan maknanya..., Hehe, iya benar banget mas. Maju sejahtera untuk Negeri itu, kepanjangan dari Masuri. Ini tidak kita buat buat, juga bukan datang tiba tiba, mungkin ini sudah takdir Allah SWT. Mudah mudahan tagline ini nantinya benar benar bisa terwujud. Amin YRA!

Informasi yang beredar katanya Anda bakal bertandem dengan tokoh dari Duri. Benarkah? Lalu apa alasannya..., Hehe, mas Yanto nih tajam juga insting politiknya. Iya memang demikian, sengaja kita rekrut dari Duri, Mandau. Karena di kecamatan ini sangat banyak penduduknya dan heterogen. Semua etnis dan agama ada disana. Duri itu, ibarat gula, saking manisnya, Dia menjadi incaran semut. Makanya kita cari tokoh yang cukup mengakar dan ‘menyemut’ dari Duri.

Kalau bisa berandai-andai, jika Anda tidak mendapatkan dukungan Parpol, apakah jalur independen akan Anda tempuh..., Sejauh ini, Saya masih sangat berharap dapat dukungan kawan kawan parpol. Sebab, akan lebih kuat positioning kita kelak jika diberi amanah lewat partai politik, terutama dalam kaitan dengan politik anggaran di DPRD, serta isu isu lainnya yang bersentuhan dengan masyarakat. Meskipun, kita juga menyiapkan skema jalur independen guna menjaga kemungkinan terburuk dari parpol yang sesungguhnya tidak kita harapkan.

Terakhir, apa pesan Anda untuk masyarakat Bengkalis dalam menghadapi Politik Pilkada tahun ini…, Sebagai warga Bengkalis saya berharap kepada seluruh saudara saudaraku dari berbagai latar belakang apapun, mari kita jaga bersama Bengkalis ini, agar tetap kondusif. Mari kita manfaatkan momentum Pilkada ini dengan adem tanpa membuat sekat sekat yang berpotensi memecah belah keutuhan kita. Pilkada hanya sarana mencari pemimpin, dengan cara berkontestasi secara damai. Bukan pertarungan yang terminologinya seolah olah ingin berperang atau bertempur antar sesama warga Bengkalis yang ber Pilkada. (Yanto/Eston)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *