KMPT-SU, Pertanyakan Pemilihan Dewan Pendidikan Sumut Tidak Transparan

TVPOLRINews.com | Medan : Puluhan massa Kesatuan Mahasiswa Peduli Trasparan (KMPT-SU) Sumut, melakukan aksi unjuk rasa di kantor Dinas Pendidikan Sumut, baru-baru ini. Dimana sebelum itu para mahasiswa ini juga telah melakukan demo di Kejatisu dan Gubsu.

Mereka menyuarakan bahwa Pendidikan itu sangat penting dalam kehidupan rakyat Indonesia masa kini sampai dengan masa tua. Undang Undang Republik Indonesia tentang Keterbukaan Informasi Publik No.14 tahun 2008 tentang kebebasan menyampaikan pendapat.

Hosting Unlimited Indonesia

Mereka juga mengingatkan bahwa UU No. 28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan Negara yang bersih, bebas KKN. UU No 30 tahun 2002 tentang telah dibentuknya komisi tindak pidana korupsi dan peraturan pemerintah No 71 tahun 2000 tentang cara pelaksanaan serta peran masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Korlap KMPT- Sumut, Sofyandi Lubis mengatakan agar segera diusut tuntas dinas pendidikan Sumatera Utara agar menunda Pemilihan Dewan Pendidikan Sumut karena dianggap tidak transparan dan profesional dalam memutuskan seleksi Dewan Pendidikan dan terjadi kecurangan dalam jumlah anggota Dewan Pendidikan Sumut yang sudah ditetapkan.

Para pengunjuk rasa juga meminta kepada Gubsu agar memecat sekretaris tim seleksi Drs. Mahdi Ibrahim yang diduga arogansi dan ilegal karena tidak ikut diseleksi pada tahun 2013. Meminta Kepada Kejatisu agar memanggil segera dan memeriksa Dewan Pendidikan Sumut Tahun 2013-2018 diduga terindikasi KKN karena terlibat Dana Bansos sebesar Rp. 2 Milliar dari 138 lembaga penerima bansos lainnya.

Mereka juga minta kejelasan kepada dari Kepala Dinas Pendidikan Sumut terkait ketidakterbukaan Dewan Pendidikan Sumut tidak profesional dan tidak memenuhi syarat. Dalam pengangkatan Mahdi Ibrahim sebagai sekretaris tim seleksi diduga korupsi dana Bansos ada permainan kepala Dinas Pendidikan Sumut terkait pemilihan panitia sebagai tim seleksi pemilihan dewan.

Para aksi demo kemudian membubarkan diri dan mereka akan berjanji akan turun kembali apabila tidak ditindak lanjutin aksi mereka. Sugino bagian Kasi Kurikulum Pembelajaran Sumut yang menerima pengunjuk rasa dan menyebutkan nanti akan segera kita sampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Sumut. (Hery B Manalu)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *