Ketua Bawaslu Sumut, Syafitri R Rasahan: “Kasus JR Saragih Bukan Pidana Umum Tapi Pidana Pemilihan Umum”

TVPOLRI.News.com | Medan : Syafrida R Rasahan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut kepada para awak media atas pemanggilan JR Saragih oleh Sentra Gakkumdu. Terkait sebagai tersangka menggunakan dokumen palsu, di kantor Bawaslu Jalan H. Adam Malik Medan, Senin sore (19/03/2018).

Syafrida R Rasahan, menyebutkan bahwa sebagaimana yang telah ditetapkan sebagai tersangka, adalah terkait penggunaan dokumen palsu dalam pencalonan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara tahun 2018.

Hosting Unlimited Indonesia

“Pemanggilan dan pemeriksan yang dilakukan sejak pukul 10.00 WIB hingga selesai pukul 16.00 WIB dengan materi di penyidik dari kepolisian yang ditempatkan di Sentra Gakkumdu”, sebut Syafrida R Rasahan. “Soal total waktu pemeriksaan, saya melihat bisa 10 sampai 15 pertanyaan, seputaran pelanggaran yang dilakukan JR terkait dugaan penggunaan dokumen saat mendaftar di KPU Sumut,” sebutnya. Kepada awak media Syafitri R Rasahan juga menyebutkan kasus ini bukan pidana umum, tapi tindak pidana pemilihan.

“JR masuk dalam tindak pidana pemilihan dengan masa penanganan terbatas, hanya 14 hari kerja dan tidak perlu ijin dari Kemendagri”, sebutnya. Sedangkan berkenaan dengan penetapan status tersangka JR Saragih, Syafrida menjelaskan, sebelum ditetapkan sebagai tersangka pihaknya (Bawaslu Sumut) telah menerima laporan, selanjutnya Bawaslu memanggil pelapor, terlapor dan saksi.

“Nah, saat dipanggil bukan hanya pak JR juga KPU Sumut tak bisa hadir karena kesibukan mereka, alasan kesibukan inilah Bawaslu Sumut limpahkan ini untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut oleh Sentra Gakkumdu,” jelasnya.

JR Saragih selanjutnya ditetapkan tersangka pihak penyidik yang diketahui sudah mengumpulkan cukup bukti, dan memenuhi unsur yang diduga dalam UU nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur/bupati dan walikota, sebut Syafrida R Rasahan. (Hery B Manalu)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *