Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, “Medan 4,1 T Kebutuhan Uang Kartal Pada Hari Raya Idul Fitri”

TVPOLRINews.com | Medan : Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Arief Budi Santoso, menyebutkan Kebutuhan Uang Kartal Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H untuk Wilayah Medan mencapai Rp. 4.1 Triliun. Hal ini disampaikan Arief Budi Santoso, pada sebuah talkshow di acara “Berbuka Puasa Bersama dan Menyantuni Anak Yatim dalam program ‘Elshinta Peduli’, Jumat (1/6/2018) di Restoran Alun-Alun Jalan Karya Wisata Medan.

Arief Budi Santoso, menyebutkan Kebutuhan uang kartal menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H untuk wilayah Medan dan sekitarnya diperkirakan akan mencapai Rp. 4,1 Triliun atau meningkat 15 % dari tahun sebelumnya sebesar Rp. 3,6 Triliun. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut akan melaksanakan 4 strategi pelayanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat.

Hosting Unlimited Indonesia

Layanan penukaran oleh Perbankan, pelayanan penukaran uang tersebut akan bekerjasama dengan 10 (sepuluh) bank dan terdiri dari 50 (lima puluh) loket penukaran bank, yaitu: Bank Mestika, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank Sumut, Bank BNI, Bank Mega, Bank BTN, Bank BRI, Bank Permata, dan Bank ANZ.

Penukaran uang menggunakan kartu (Card to Cash), loket ini sudah berjalan efektif dilaksanakan sejak 7 November 2013. Sama seperti tahun sebelumnya saat menjelang hari besar keagamaan, termasuk saat menjelang Lebaran terdapat perlakuan khusus, yaitu jadwal penukaran tetap dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis dengan layanan penukaran uang Hasil Cetak Sempurna (HCS).

Layanan penukaran kas mobil di Lapangan Benteng, pada kegiatan kas mobil tersebut akan di ikuti oleh 16 (enam belas) mobil yang terdiri dari 15 (lima belas) mobil bank dan 1 (satu) kas mobil Bank Indonesia.

Kelimabelas perbankan tersebut, yaitu : Bank Mestika, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Sumut, Bank BNI, Bank Mega, Bank BRI, Bank Permata, Bank Danamon, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, Bank Maybank dan Bank Muamalat.

Layanan Kas Keliling Mobile yang akan dipusatkan di pasar-pasar tradisional serta instansi terkait di wilayah Medan dan sekitarnya. Kegiatan pelayanan kepada bank dan masyarakat akan dilaksanakan selama 15 hari kerja terhitung 16 Mei 2018 Sampai dengan 7 Juni 2018.

Adapun nominal yang dapat ditukarkan pada Layanan penukaran oleh Perbankan, Penukaran Kas Mobil di Lapangan Benteng, dan Layanan Kas Keliling Mobile maksimal sebesar Rp. 3,7 juta dengan rincian pecahan Rp. 20.000, Rp.10.000, Rp. 5.000 dan Rp. 2.000, masing-masing 1 (satu) pak.

Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan permintaan uang pecahan kecil, berbagai strategi yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan bertransaksi serta meminimalkan aksi “pedagang uang” yang biasanya muncul pada bulan Ramadhan.

Misriadi, Kepala Biro Radio Elshinta Medan didampingi Prasetiyo, Panitia Acara kepada TVPOLRINews menyebutkan Radio Elshinta memiliki program kemanusiaan yang menyalurkan bantuan dari para pendengar dan dermawan untuk anak yatim dan dhuafa pada hari besar seperti bulan Ramadhan.

“Radio Elshinta merupakan radio siaran Berita di Indonesia yang berpusat di Jakarta dengan Formal siaran News and Talk. Sisi sosial Elshinta memiliki program kemanusiaan
menyalurkan bantuan dari para pendengar dan dermawan untuk anak yatim dan dhuafa pada hari besar seperti bulan Ramadhan, Natal, maupun perayaan lainnya serta untuk korban bencana alam”, sebut Misriadi.

“Sehubungan dengan memasuki bulan Ramadhan 1439 H, Ada banyak keutamaan dan kemuliaan yang diberikan Allah dibulan Ramadhan salah satunya adalah dibukanya pintu oleh Allah untuk meraih keuntungan melalui bersedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah”, sebut Prasetiyo.

Acara Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim Elshinta Medan Berbagi, dihadiri Poldasu yang diwakili Staf Humas Poldasu Kompol Taliono, dan Khairul Damri Matondang Kabid Kerjasama PDAM Tirtanadi dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Arief Budi Santoso, para wartawan dan undangan lainnya. (Hery B Manalu)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *