Kapolda Kalbar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi lilin Jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

TVPOLRINews.com | KALBAR_Kapolda Kalimantan Barat Irjend Pol Drs. Didi Haryono, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2017 di Alun–alun Kota Pontianak yang melibatkan TNI dan seluruh instansi terkait dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018.

Turut Hadir Pangdam XII Tanjung Pura Mayjend TNI Andika Perkasa, Danlantamal Brigjend TNI (Mar) Endi Supardi, DanLanud Marsma TNI Minggit Tribowo, S.IP serta Forkompimda Kalbar.

Hosting Unlimited Indonesia

Ada 6 hal yang harus dipedomani dalam pelaksanaan Ops lilin tahun 2017 yakni,

  1. Petakan Seluruh potensi Kerawanan di masing masing wilayah,
  2. Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi Teror dan kejahatan kejahatan Konvensional,
  3. Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah aksi swipping oleh ormas,
  4. Optimal kan pergerakan anggota di tengah masyarakat,
  5. Gunakan peran satuan tugas pangan di masing masing daerah,
  6. Perkuat sinergi polisional dengan seluruh stakeholder, untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan aman di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Operasi Lilin 2017 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018, dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum. Dalam hal ini, Polri didukung oleh TNI serta stakeholders lainnya, yaitu Kemenhub, Kemenpupera, Kemenkes, Pertamina dan Jasa Marga.

Sebanyak 170.304 personel yang terdiri dari 90.057 personel Polri, 20.070 personel TNI, dan 60.177 personel dari instansi terkait beserta komponen masyarakat siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Selain mengerahkan personel, Polda Kalbar juga membangun pos pengamanan dan pos pelayanan yang strategis. Tolak ukur keberhasilan Operasi Lilin 2017 ini ditandai dengan terwujudnya kamseltibcar lantas, menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok, serta tertanggulanginya dampak bencana alam.

“Saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan Operasi Lilin 2017, semoga pengabdian dan kerja keras yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi seluruh masyarakat. Mari kita perkuat sinergisitas dengan seluruh stakeholders untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono.‎ (Joko/Sbrn)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *