Direktur Pascasarjana UHN Medan Dr. Pantas Silaban, SE, MBA, “UHN Medan Siap Berkontribusi Dalam Pengembangan Pariwisata di Kawasan Danau Toba”

Rektor UHN Medan Dr. Ir. Sabam Malau dan Direktur Pascasarjana UHN Dr. Pantas H Silaban, MBA foto bersama Dengan Direktur BODT dan Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian setelah selesai Penandatangan MoU dengan Pemkab Tobasa

TVPOLRINews.com | Medan – Sekecil apapun yang bisa kita lakukan, Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN) Medan, bahkan dari setiap program studi di UHN Medan siap berkontribusi dalam pengembangan kepariwisataan Danau Toba, tegas Dr. Pantas H Silaban, SE.,MBA., alumni Western Michigan University of Kalamazoo USA saat memberikan kata sambutan  acara kuliah umum pengembangan Pariwisata di kawasan Danau Toba dan penandatanganan Naskah kerjasama Pascasarjana UHN dan Pemkab Tobasa yang menghadirkan  narasumber Kepala Badan Otorita Danau Toba (BODT) Arie Prasetyo serta Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian di ruang Dr. Justin UHN, Jumat, (31/08/2018).

Hosting Unlimited Indonesia

Dr. Pantas Silaban juga menambahkan, UHN adalah milik HKBP, maka kontribusi yang bersinergi harus kami lakukan, kata Dr. Pantas. Kita harapkan dengan adanya MoU antara Pascasarjana UHN dengan Pemkab Tobasa kajian-kajian strategis bisa kita lakukan dan kita harapkan masukan bisa kami berikan dengan sentuhan akademis yang bisa diimplementasikan, tegas Dr. Pantas Silaban lagi. Kami mengucapkan terima kasih atas penandatangan MoU ini kepada Pemkab Tobasa, tegas Dr. Pantas Silaban lagi.

Sementara Rektor UHN dalam sambutannya mengatakan, kita harus berani mengatakan tagline Danau Toba adalah pariwisata nomor 1 di luar Bali. Untuk itu, harus kita lakukan beberapa hal, masyarakat ramah, hotel bagus, kuliner enak dan sehat. Bahkan Pemkab harus mengambil inisiatif, seperti membuat kompetisi kuliner yang enak dan sehat dengan memberikan hadiah. Tetapi sebelumnya perlu dilakukan “technical meeting” untuk mengedukasi masyarakat untuk membangun masyarakat sadar wisata, tegas Rektor.

Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian mengatakan dengan keluarnya Perpres No 49 ada 10 perioritas pengembangan pariwisata dan salah satunya ada Danau Toba. Mengapa danau Toba perlu dikembangkan karena pariwisata ini sangat cepat dalam menghasilkan uang untuk meningkatkan kesejahteraan, tegas Bupati Tobasa ini.

Bupati Tobasa menambahkan, saat ini infrastruktur sudah mulai terbangun seperti bandara Silangit yang sudah bertaraf internasional dan jalan Tol yang sudah mulai terbangun. Untuk itu, kerjasama antara Pascasarjana UHN sangat kami butuhkan sebagai kolaborasi dimana kajian akademis dari UHN sangat kami butuhkan untuk kami implementasikan, tegas Darwin Siagian lagi.

Sementara Arie Prasetyo mengatakan para Bapak Bupati cukup koperatif. Arie Prasetyo menyampaikan dukungan dari semua pihak sangat penting dalam membangun pariwisata di kawasan Danau Toba. Salah satu yang sangat urgen di lakukan saat ini adalah bagaimana mengubah “Mindset” sebagai tantangan terberat. Ini bukan tugas satu dua tahun. Pembangunan manusia di kawasan danau Toba adalah hal yang sangat urgen, untuk itu perlu pergerakan sinergi dan paralel.

Saya sangat dukung UHN Medan ikut mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata di negara ini. Danau Toba harus jadi destinasi wisata berkelas dunia, tinggal bagaimana kita bisa membangun mindset masyarakat sadar wisata dan peran Pemkab dalam mendorong masyarakatnya untuk sadar penuh bahwa pariwisata bisa menghasilkan kesejahteraan dan kemakmuran. Kita harapkan dengan adanya MoU antara UHN Medan dan Pemkab Tobasa ini, ikut mendorong konsep pariwisata yang ideal dan mampu jadi salah satu pusat destinasi wisata berkelas dunia. Semoga BODT, UHN Medan dan semua Pemkab kawasan danau Toba bersatu, satu visi untuk membangun pariwisata berkelanjutan di kawasan Danau Toba. Acara kuliah umum ini diketuai oleh Dr. Raya Panjaitan, SE, M.Si dan diikuti oleh dosen pascasarjana serta mahassiwa pascasarjana UHN Medan. Nampak hadir juga Kaprodi S2 MIA UHN Dr. Marlan Hutahaean, M.Si. (RL/JRG)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *