Dinas Kesehatan Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-55 di Kecamatan Mandau-Bengkalis

TVPOLRINews.com | Bengkalis – Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis memperingati Hari Kesehatan Nasional ke -55 di Lapangan Sholat Id, tepatnya di Simpang Jalan Rangau, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Minggu, (01/12/2019) sekira pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai.

Dalam acara ini hadir Maslini selaku Kepala Dinas Sosial, H. Indra Gunawan selaku Kadis Perindag, Imam Hakim selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Jendri Ginting selaku Kasat Pol Pamong Praja, Iptu Masri mewakili Kapolsek Mandau, Serma Armen mewakili  Danramil 04 Mandau, dan seluruh Kepala Puskesmas Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Hosting Unlimited Indonesia

Acara ini diawali dengan pembacaan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) oleh Pudu Azuar selaku Plt Lurah Pematang Pudu, serta penandatanganan nota kesepakatan bersama oleh Bupati Bengkalis, Kadis Kesehatan, Kepala Puskesmas Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, Kapolsek Mandau, dan Danramil 04 Mandau.  Dilanjutkan pelepasan balon oleh Bupati Bengkalis diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan yang didampingi Kadis Kesehatan dr Ersan Saputra TH.

Bupati Amril dalam sambutannya yang disampaikan oleh Haholongan mengatakan, “Ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun Sumber Daya Manusia (SDM)  yang berkualitas yaitu ‘stunting’ dan ‘Jaminan Kesehatan Nasional’, selain itu ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri”, ujarnya.

Lanjut Haholongan, “Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah dilaksanakan sepenuhnya, walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraannya, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat”, terangnya.

Haholongan juga menegaskan bahwa JKN ini sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia Ir H. joko Widodo pada pelantikan kabinet Indonesia Maju 2020-2024 yang lalu, menjadi perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, serta memprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia, “Untuk itu marilah kita cari solusi terbaik dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata” ajaknya.

Haholongan juga mengingatkan, dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Bengkalis serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelola secara baik dan benar serta bertanggung jawab, akuntabel, transparan dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat.

Dalam kesempatan ini dr Ersan Saputra juga memberikan kata sambutan, “Kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional seperti ini, juga kita laksanakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kepada rekan-rekan dokter yang ada di wilayah kabupaten Bengkalis. Tantangan kita terkait kesehatan setiap tahunnya semakin meningkat, untuk itu pada tahun 2020 nanti kita akan memenuhi tenaga apoteker dan profesi yang lain, sehingga tenaga di Puskesmas dan Pustu mampu ditingkatkan lagi, sehingga kedepannya kita mampu untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat”, ungkapnya.

Diakhir, kegiatan ini dilanjutkan dengan berbagai hiburan. Salah satunya penampilan Tari Dayak oleh para dokter yang mendapatkan Juara Harapan 2 dan senam Poco-poco bersama. Dan pengumuman pemenang pemegang kupon door-frice bagi semua yang hadir pada acara HKN ke-55 tahun 2019 ini. (EHR)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *