Dinas Kesehatan Paten, Orang Gangguan Jiwa Warga Dairi Bisa Berobat Gratis

posted in: Blog | 0
Dinas Kesehatan Paten, Orang Gangguan Jiwa Warga Dairi Bisa Berobat Gratis

TVPOLRI News | Dairi – Terobosan Dinas kesehatan Kabupten Dairi Sumtera utara ini patut di acungi jempol, kedepannya, warga Dairi yang mengalami gangguan jiwa bakal bisa berobat gratis. Program ini dirasa akan sangat membantu pihak keluarga.

Kabid Pencegahan Penanggulangan Penyakit (p2p) Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, Hisar Sinambela mengatakan program ini merupakan terobosan yang akan di galakkan. Saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan. Syaratnya pihak keluarga membawa kartu keluarga dan melaporkan langsung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi di Jalan Pandu Sidikalang, atau ke puskesmas-puskesmas di daerahnya.

“Bawa kartu keluarga aja, sekarang kita lagi mendata, besoklah terakhir,” kata Hisar Sinambela, Rabu (27/9/17).

Dia sudah menyurati puskesmas-puskesmas di 15 Kecamatan untuk segera memberikan laporan. Seluruh biaya perobatan akan ditanggung pemerintah melalui kartu BPJS. Hingga hari ini sudah ada berkisar 300 orang yang melaporkan dan mungkin masih bertambah.

Rencana jangka panjang, bersama Dinas Sosial Kabupaten Dairi akan mengusulkan pembangunan lokasi penampungan seperti rumah singgah bagi penderita gangguan jiwa ini sehingga bisa di kumpulkan di satu tempat di Kabupaten Dairi.

“Kalau sudah ada rumah singgah Jadi gampang untuk penanganan perobatan, Dokter dari medan bisa kita datangkan. Kalau kerumah-rumah repot.” Ujar Hisar Sinambela di ruang kerjanya.

Kendala saat ini ada yang belum mempunyai Kartu Keluarga, namun akan dicarikan solusi.

“Kemarin sudah kita survey di Kecamatan Sumbul ada dua orang, itu di Desa Parbuahan dan Desa Lae Tanggiang.” Pungkas Hisar.

Hisar menghimbau bagi warga Dairi yang punya keluarga mengalami gangguan jiwa segera melapor. (Rikson Purba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *