Bupati Ketapang Buka RAKER NGO LSM

TVPOLRINews.com | KALBAR – Rapat Kerja Forum Komunikasi (Non-Governmental Organization) NGO LSM se-Kabupaten Ketapang, resmi dibuka Bupati Ketapang Martin Ratan SH.,M.Sos, ditandai dengan pemukulan gong.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut melibatkan seluruh LSM yang ada di Ketapang, dengan Ketua Panitia Pusar SE, dipimpin oleh Ketua FK NGO LSM Ketapang Drs Hikmad Siregar dan inntansi terkait berlangsung di Aula Kantor Diknas Ketapang, Senin (20/8).

Hosting Unlimited Indonesia

Martin Rantan SH.,M.Sos selaku dewan pembina forum komunikasi LSM mengharapkan agar seluruh NGO atau LSM yang ada di Kabupaten Ketapang bersama-sama, bahu-membahu membantu proses pembangunan, terutama pengawasan pembangunan fisik maupun yang non fisik.

Keberadaan NGO atau LSM yang ada di daerah ini yang sudah ikut berpartisipasi membantu Pemerintah Daerah, baik dibidang pendidikan dan kesehatan serta ekonomi kerakyatan.

Bupati Martin menyebutkan beberapa yayasan yang telah ikut berpartisipasi membantu Pemerintah daerah seperti yayasan Pangudi Luhur, Usaba, Pancur kasih yayasan Al Ikhlas, Muhamadiyah dan lain lainnya.

“Saya juga dulu pernah bergabung dengan yayasan usaba, yang bekerja sama dengan NGO luar seperti USAID dalam program program bantuandan layanan kepada masyarakat khusus di Negara berkembang” kata Bupati.

Demikian juga dengan keberadaan LSM yang ada di Kabupaten Ketapang, Bupati berharap NGO dapat bermitra dengan NGO baik sesama NGO daerah maupun dari luar negeri. “Artinya NGO yang berupa yayasan atau lainnya  bertujuan untuk kemakmuran rakyat dan menjadi mitra pemerintah karena tujuan berbangsa dan bernegara untuk mensejahterakan masyarakat” terang Bupati lagi.

Terhadap kritikan yang sering dilontarkan NGO atau LSM kepada Pemerintah Bupati mengatakan bahwa menyampaikan kritik terhadap pemerintah sifatnya konstruktif, bukan yang mengada-ngada cendrung untuk mengacaukan keadaan dengan ujaran kebencian.

Dalam raker sehari tersebut Bupati mengharapkan kepada FK NG dan LSM hasil dari raker yang ikut melibatkan instansi terkait dapat mengeluarkan berupa rekomendasi-rekomendasi kepada Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Visi Misi Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera.

Dimana saat ini pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ketapang yang terbaik se-Provinsi Kalimantan Barat dan menduduki peringkat ke 28 se-Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan Kabupaten Ketapang, terdapat beberapa investor luar yang telah menjadi proyek strategis nasional, seperti perusahaan semlter PT. WHW, di Sei tengar, PT Bangun Ketapang Mandiri yang melibat 40 investor luar negeri di Pagar mentimun, PT ketapang Ecology Agriqultutre di Muara Pawan, ada lagi Proyek tsrategis nasional yang sedang berjalan yakni PT PLN, Saluran Tegangan Udara Estra (SUTET).

“Kita saat ini sedang mengusulkan proyek strategis nasional yaitu relokasi Bandara Rahadi Oesman ke perbatasan desa Pelang” jelas Bupati.

Diakhir sambutan Bupati juga berpesan kepada seluruh LSM yang hadir, agar terus meningkatkan dan pengembangan potensi diri membekali diri dengan ilmu pengetahuan serta merubah sikap dan perilaku dan mempersiapkan diri menuju perubahan memasuki era melanial masyarakat ekonomi asia (MEA). (RL/Joko/Alwi)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *