Bimtek Kades se-Kota Gunung Sitoli, “Desa Punya Hak Menyelesaikan Sendiri Persoalannya”

TVPOLRINews.com | Medan : Lembaga Pengembangan Manajemen Pembangunan (Lempamap) salah satu penyelenggaran Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada kepala desa se Kota Gunung Sitoli baru-baru ini bertempat di Hotel Danau Toba Internasional Jalan Imam Bonjol Medan

Sebanyak 60 peserta Bimtek pada hari ke-2 ini terlihat antusias untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh para nara sumber Drs. Persadaan Girsang, Msi menyatakan kepada wartawan bahwa prinsip Undang-undang itu mengatur beberapa hal pertama yang paling pokok, bagaimana sekarang desa itu menjadi bagian dari pemerintahan negara.

Hosting Unlimited Indonesia

“Desa itu sebagai wilayah kekuasaan yang punya hak menyelesaikan sendiri segala persoalan”, sebut Ginting

Sebagai bagian wilayah negara maka menerima dana dari APBN dari Anggara Dana Desa (ADD). ADD itu sekarang 1 miliar. Desa itu sebagai wilayah kekuasaan sekarang punya kewenangan atau instrumen kekuasaan untuk melakukan segala sesuatu agar dapat berjalan dengan baik.

“Instrumen itu ada macamnya, maka desa itu kewenangan ada yang sifatnya mengatur dan mengurus”, sebutnya. Mengatur mengurus itu adalah adat istiadat seperti sengketa tanah. Desa itu bisa menyelesaikan proses-proses terhadap manusia, seperti untuk mengurangi masalah dipengadilan seperti perceraian.

Kewenangan skala lokal desa itu adalah upaya pemerintah terhadap masyarakatnya. Desa juga sudah difokuskan menyembangkan ekonomi masyarakat lokal. Faktanya dilapangan banyak intervensi kabupaten/kota mengeluarkan aturan-aturan tertentu yang tidak sikron dengan aturan Undang-Undang.

Sementara kepala desa Hiligara kecamatan Gunung Sitoli Selatan Bezisokhi Lase kepada wartawan menyatakan bahwa dalam mengikuti Bimtek ini sangat bagus karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan kami sesuai apa yang disampaikan oleh pemateri hari ini.

“Dalam penyampai materi hari ini kami seluruh kepala desa dari Gunung Sitoli semakin bertambah wawasan kami lebih luas”. Jami sangat bersemangat semuanya sehingga pertanyaan yang kami lemparkan kepada pemateri saat menjawab dengan baik dan kami pun dapat memahaminya.

Setelah kami mengikuti kegiatan ini kami pulang ke Nias pasti kami akan sampaikan kepada masyarakat dan wajib untuk kemajuan desa kami nantinya. Sehingga pengelolaan dana desa yang telah pemerintah berikan kepada kami pasti kami kelola dengan baik sesuai aturan yang berlaku, sebut Bezisokhi.(Hery B Manalu)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *