Mangupa Dibagas Namartua, Bobby Afif Nasution Dan Kahiyang Ayu Siregar

TVPOLRINews.com | Medan_Sidang Adat Maralok-Alok sebagai penentu dari prosesi pernikahan adat Mandailing antara Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu, digelar di Kompleks Taman Setia Budi Indah I Bukit Hijau Regency No. 123 Medan. Acara Maralok-alok diawali dengan menyuguhkan sirih oleh suhut atau orang yang menyelenggarakan horja kepada semua pengetua-pengetua adat yang hadir.

Selanjutnya suhut, diikuti kahanggi, anakboru, dan namora natoras menyampaikan maksud dan tujuan acara Manopot Horja. Acara di sidang adat ini memberitahu pada pengetua adat bahwa Bobby dan Kahiyang Ayu sudah menikah seraya mengharapkan agar acara pernikahan tersebut juga dibesarkan secara adat.

Hosting Unlimited Indonesia

Menyahuti permintaan suhut Darmin Nasution maka para pengetua adat yang hadir di Sidang Adat Maralok-Alok akan memberi pendapat dan persetujuannya untuk melanjutkan prosesi perkawinan adat Bobby dan Kahiyang. Kemudian oleh pimpinan sidang adat yakni Raja Panusunan, akan menyimpulkan bahwa acara adat untuk pernikahan Bobby dan Kahiyang Ayu dapat dilaksanakan dan diminta agar semua dapat ikut berpartisipasi. H. Pandapotan Nasution, S.H. selaku Raja Pasununan yang memimpin sidang adat Kerapatan Adat atau Maralok-alok akan memberikan restu kepada suhut untuk menggelar lanjutan acara Manopot Horja.

Sebanyak 30 raja yang diantaranya berasal dari marga Siregar, Nasution, Harahap, Hasibuan, dan Lubis hadir dalam rangka mengikuti sidang adat atau Maralok Alok hingga Manortor sesi kedua. Sebelumnya Acara Manortor berjalan semalam suntuk dari Jumat (24/11) malam hingga Sabtu (25/11) pagi.

Di dalam sidang adat dibahas mengenai besar kecilnya acara, selain itu juga dibahas gelar adat. Setelah raja-raja adat Mandailing menyetujui semua, gelar adat wajib diberikan kepada Bobby dan Kahiyang.

Setelah namanya ditabalkan, maka mereka berdua dianggap sebagai orang yang dituakan, tutur pemangku adat Mandailing yang bergelar Paduan Kumala Pandapotan. Hasil sidang adat Maralok-Alok telah memutuskan pesta adat Manopot Horja bisa dilanjutkan untuk menuju puncak acara Mata Ni Horja.

Kesepakatan raja-raja Mandailing juga memutuskan gelar adat untuk Bobby Nasution adalah Sutan Porang Gunung Baringin Naposo, sedangkan Kahiyang Ayu Siregar bergelar Namora Pinayongan Kasayangan.

Setelah Bobby dan Kahiyang memperoleh nama gelar tersebut, maka nama kecil dari keduanya tidak boleh digunakan lagi. Sebaliknya nama adat yang telah ditabalkan dalam Maralok-alok yang kemudian digunakan oleh kedua pengantin.

Meski telah mendapat gelar, Bobby dan Kahiyang baru bisa menggunakan gelar tersebut setelah prosesi Penabalan Gelar dan Mangupa di Bagas Namartua yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu (25/11). Upacara Penabaian Gelar Adat kepada Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu dilakukan setelah prosesi Marpangir.

Perkawinan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu adalah perkawinan antar etnik. Kahiyang Ayu sebagai etnik Jawa merayakan perkawinannya di Solo dengan adat Jawa pada 8 November 2017, demikian juga Bobby merayakan perkawinannya di Medan dengan adat Mandailing. Secara silsilah Mandailing, Bobby Nasution merupakan raja generasi ke-7 dari keturunan Raja Gunung Baringin Nasution Mandailing Natal Penyabungan Timur.(Hery B Manalu)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *