7.500 Pasutri Belum Miliki Akta Nikah : Plt Bupati Andi Suhaimi Membantu  Biaya Sidang Isbat Massal

TVPOLRINews.com | Labuhan Batu – Saat ini banyak masyarakat kesusahan untuk mengurus akte kelahiran anaknya akibat orangtuanya tidak memiliki catatan pernikahan ( BUKU NIKAH ) dari Kepala Urusan Agama di daerah kecamatannya masing-masing di Labuhan Batu.

Sebab berbagai macam persoalan sehingga pernikahan itu tidak mendapat Buku Nikah dari Urusan Agama, dahulu seusai melangsungkan pernikahan paling cepat satu minggu baru bisa diambil buku nikahnya, kadang sètelah menikah dibayar uang administrasi ke KUA, setelah sebulan begini kepala urusan Agama hingga hilang datanya, dan berbagai macam problem akhirnya tidak mendapat buku nikah, kebetulan jaman dulu buku mikah tidak begitu di butuhkan.

Hosting Unlimited Indonesia

Hingga tahun 2018 ini ada sekitar 7.500 pasangan telah menikah / pasangan suami isteri (pasutri) di Kabupaten Labuhanbatu ini, yang belum memiliki akta nikah.

Hal ini disampaikan Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, Drs H Bakti Ritonga SH MH, dalam sambutannya pada sidang isbat nikah massal yang di gelar di Desa Bandar Tinggi, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (10/08/2018) pagi.

Disebutkannya, selain itu, ada pula sekitar 63.000 anak yang belum memiliki akta lahir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu.

Karena itu katanya, Pengadilan Agama Rantauprapat, mengapresiasi Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, yang akan menambah anggaran biaya isbat nikah massak pada tahun 2019 mendatang.

Disebutkannya, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu baru menyediakan dana dalam APBD Labuhanbatu tahun 2018 ini, untuk 100 pasangan suami isteri, yang ingin mendapatkan surat keterangan nikah. “Dan itulah yang kita laksanakan pada pagi ini”, imbuhnya.

Bakti menyebutkan, dengan adanya penambahan biaya sidang isbat nikah massal pada tahun 2019 mendatang, jumlah pasutri yang belum mendapatkan akta nikah secara bertahap akan berkurang bahkan semakin tidak ada.

Sidang isbat nikah massal yang digelar Pengadilan Agama Rantauprapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, dihadiri Pelaksana Tugas Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT dan Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhan Batu.(P.S).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *